Cara merawat motor sesuai standar

Untuk sebagian orang mungkin ada yang sudah paham soal motor, tapi ada juga yang hanya bisa memakai tapi tidak mengerti cara merawat nya.
Di artikel kita kali ini bakal membahas tentang cara merawat sepeda motor kopling. Tapi sama saja dengan sepeda motor gigi atau matik lainnya, mungkin lebih menjuru kekopling, karna motor kopling lebih rumit dalam hal perawatan.


  1. Hal yang paling utama dalam perawatan sepeda motor adalah oli atau pelumas. Karna pelumas lah yang paling sensitif terhadap komponen sepeda motor anda. Jika telat ganti oli bisa berakibat fatal, dan mungkin malah mengeluarkan biaya yang sangat besar. Untuk perganian oli paling standar 1000 km harus sudah ganti atau 2 bulan sekali. Atau biar lebih terawat lagi mungkin ganti sebulan sekali lebih bagus, karna menguras sisa sisa partikel yang ada didalam mesin. Alangkah baiknya pergantian oli dilakukan sendiri kalau bisa, sebagai contoh pagi oli dikuras mungkin malem atau besok nya baru diisi lagi, supaya partikel yang ada dalam mesin semua turun kebawah. Kenapa gak kebengkel aja yang simple....? Kalo dibengkel motor masih dalam keadaan menyala dan oli masih bersirkulasi didalam mungkin sisa sisa dan partikel debu masih menempel didalam komponen bagian atas pada mesin. Oli yang bagus untuk sepeda motor mungkin shell helix warna kuning. Atau yang mahal sekalian motul. Tips ini berguna untuk semua motor.
  2. Servis ringan secara berkala minimal sebulan sekali. Meliputi karbu atau injeksi, oli, air radiator dan komponen lainnya.
  3. Pengecekan kabel kabel bagi motor yang berfairing atau metik yang berbodi tertutup. Biasanya banyak kasus yang terjadi seperti kabel konslet karna usia yang sudah tua atau karna dimakan tikus kantor hehehe.... Biasanya paling banyak terjadi penyebabnya tikus yang bersembunyi di body motor anda. Dan hal tersebut bisa menyebabkan motor mati tanpa gejala. Bahkan yang lebih bahaya lagi bisa menyebabkan arus listrik menjadi konslet, jika listrik dimotor konslet bisa menyebabkan motor terbakar habis.
  4. Pengecekan ban. Dimusim penghujan seperti ini ban yang sudah tua keras atau sudah botak maka sudah sangat wajib diganti. Karna dapat menyebabkan slip saat dimusim hujan dan bisa berakibat fatal bagi pengendara dan orang lain.
  5. Pengecekan kaki kaki seperti velg dan klaher. Bagian ini bisa kita cek dengan merasakan sendiri apakan motor dipakai goyang saat jalan mulus dan lurus. Jija goyang maka ada masalah di klaher atau velg.
  6. Service besar, mungkin hal ini bisa kalian lakukan 6 bulan sekali atau setahun sekali. Untuk memastikan komponen dalam mesin apakah ada yang harus diganti atau tidak. Ini perlu jika tidak dilakukan karna komponen dalam jika rusak tidak segera diperbaiki maka akan merembet kemana mana, dan itu bisa keluar biaya lebih besar lagi.

Tips
  • Untuk dipagi hari biasakan menyalakan motor menggunakan kick stater, selah sampai 5 kali baru nyalakan kunci kontak nya. Dan sela lagi sampai motor menyala. Diamkan hingga 2-5 menit sampai oli melumasi seluruh komponen di dalam mesin. Selain itu juga memperpanjang umur accu. Supaya accu terisi dahulu.
  • Jika tidak ada kick stater usahaka. Motor jika tidak digunakan dalam waktu yg lama kalian harus mencabut accu dimotor. Karna jika tidak dicabut arus listrik terus mengalir walaupun motor tidak dihidupkan. Menurut saaya ini sih wajib, jika tidak mau accu nya jadi tekor.
  • Usahakan jiak motor lama tidak dipakai jangan memiringkan stang karna bisa menyebabkan tidak simetris pada bagian stang, loler, bering stang. khususnya motor motor gede bertangki usahakan motor dalam keadaan stang lurus itu lebih baik. Memang sedikit sih kerusakan bahkan tidak terlalu berpengaruh, tapi untuk menjaga umur motor lebih awet kenapa tidak.
  • Untuk bagian tampilan mungkin jangan terlalu sering mengelap motor dengan cairan pengkilap dan sejenisnya. Karna jika terlalu sering, body bukan kinclong malah makin lama body makin kehilangan lapisan cat nya dan pudar. Usahakan 2 minggu atau sebulan sekali gpp.
Mungkin sekian yang saya tau tentang perawatan motor, dan ini yang saya lakukan sendiri dirumah buka hasil bertanya tanya.

Terimakasih sudah mampir keblog kita

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vapor storm trip mod. 200 watt

Nih lima pilihan knalpot racing untuk SUZUKI SATRIA FU 150CC

Tugas marketing dalam catering aqiqah