Suzuki GSX-R150 Kenali Penyakitnya, Ganti Knalpot Brebet,

 Sudah menjadi langganan jika motor ganti knalpot racing akan mengalami brebet atau tidak langsam.

Untuk kali ini kita akan membahas kelemahan motor injeksi khususnya GSX R150.


Banyak sebagian orang tidak puas dengan keadaan motor nya yang standar dealer, khususnya anak muda. Sebagian ada yang mengganti part part racing dan mengubah tampilan, bahkan sampai ke jeroan mesin (bore up, struk up) dll.

Hal yang paling sering diganti adalah knalpot.

Karna selain lebih racing look, part yang satu ini juga bisa menambah sepersekian detik krcepatan, tarikan lebih enteng karna pembuangan yang plong. Tapi gak semua motor bisa beradaptasi dengan part yang satu ini. Karna beda motor beda juga kebutuhan nya. Satu merk satu tipe belom tentu sama apa yang dibutuhkan mesin tersebut.

Nah dikesempatan kali ini kita akan membahas gejala yang sering timbul saat pergantian knalpot GSX R150 apa lagi selain brebet.

Oke langsung aja kita bahas satu per satu.

Mungkin ada beberapa faktor yang menyebabkan motor GSX R150 kesayangan kalian menjadi brebet.

Mari kita simak satu per satu.

  1. FILTER UDARA. 

    filter udaha yang kotor sangat berpengaruh untuk kinerja mesin. Karna mesin membutuhkan udara untuk campuran bensin saat dihisap keruang bakar melalui throotle body. Maka dari itu jika mengalami tarikan kurang, brebet, dan agak lemot mungkin penyebabnya di filter udara tersebut. Maka bersihkan filter udara dengan karbu clearen sampe bersi, dan keringkan. Atau bisa juga dengan kompresor.
  2. THROTTLE BODY. nah penyebab selanjutnya adalah throttle body yang kotor dengan debu. Karna komponen ini juga ada hubungannya dengan filter udara secara langsung. Jika filter udara sudah bersih tapi throttle body tidak dibersihkan maka sama saja, karna kedua part tersebut sangat berhubungan kinerjanya. Maka bersihkan throttle body yang kotor dengan karbu cleaner, caranya buka filter udara lalu nyalakan motor dan gas di rpm 5-8 rb lalu semprot cairan carbu cleaner pada lubang untuk membersihkan secara menyeluruh lakukan 3-5x. saat disemprot mungkin motor akan mengalami mati wajar maka nyalakan lagi saat motor mati atau sambil disemprot sambil dinaikan gas nya agar motor tidak mati.
  3. BUSI.
     

    disini busi yang sudah harusnya digant. Kalo soal busi lebih baik ganti baru dengan busi yang sama karna beda busi beda pengapian nya.
  4. FILTER BENSIN.
    selain filter udara filter bensin juga berpengaruh karna jika filter ini kotor maka bensin yang mengalir juga terhambat karna kotoran. Maka bersihkan filter ini dengan carbu cleaner dan tunggu sampai benar benar kering supaya saat dipasang tidak bercampung dengan bensin dan masuk ruang bakar.

Karna yang kita bahas adalah alternatif saja.
Jika masih brebet jalan satu satunya adalah ganti atau remap ecu anda kebengkel.

Untuk part diatas mungkin lebih baiknya melakukan pergantian selama 3-6 bulan sekali tergantung pemakaian motor anda masing masing.

Demikian info yang kita berikan. Sebelum membuat artikel ini kita sudah mencoba dan hasilnya sangat signifikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vapor storm trip mod. 200 watt

Nih lima pilihan knalpot racing untuk SUZUKI SATRIA FU 150CC

Tugas marketing dalam catering aqiqah